Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini

    158 CPNS Ambon Terima SK Pengangkatan


    Ambon, Tribun-Maluku.com : Sebanyak 158 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Ambon menerima surat keputusan pengangkatan (SK) Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penyerahan SK dilakukan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy kepada 158 CPNS di halaman Balai Kota...

    Ambon, Tribun-Maluku.com : Sebanyak 158 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Ambon menerima surat keputusan pengangkatan (SK) Pegawai Negeri Sipil (PNS).

    Penyerahan SK dilakukan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy kepada 158 CPNS di halaman Balai Kota Ambon, Senin (27/5/2019).

    Wali Kota dalam arahannya menyampaikan, dari 4.000 orang yang mengikuti seleksi CPNS di tahun 2018 yang lulus hanya 158 orang.

    “Saya berharap kalian dapat menunjukkan kinerja dan dedikasi bagi kota Ambon terutama bagi bangsa dan negara, karena iru PNS harus menjunjung tinggi integritas melalui pelayanan bagi seluruh masyarakat,” katanya.

    Yang terpenting, jaga sikap sopan santun dalam menjalin hubungan pekerjaan dengan para senior yang telah memiliki pengalaman.

    Kepala Badan Kepegawaian Kota Ambon, Benny Selanno menyatakan, 158 CPNS dinyatakan lulus seleksi terbagi menjadi formasi khusus tenaga honorer kategori dua (K2) dan disabilitas serta formasi umum dengan perincian formasi khusus tenaga honorer K2 dengan tenaga guru empat orang.

    Formasi khusus Cumlaude berjumlah tiga orang diantaranya analisis perencanaan, mediator hubungan industrial ahli pertama dan, auditor ahli pertama.

    Formasi khusus disabilitas berjumlah dua orang dengan rincian, pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan dan analisis kesehatan.

    Formasi umum tenaga guru berjumlah 53 orang dengan rincian masing-masing guru kelas ahli pertama 19 orang, guru agama Islam ahli pertama delapan orang, guru agama Katolik ahli pertama enam orang, guru penjasorkes ahli pertama 12 orang, guru bahasa Inggris ahli pertama dua orang, guru seni budaya ahli pertama dua orang, dan guru bimbingan konseling ahli pertama empat orang.

    Sedangkan formasi tenaga kesehatan berjumlah 43 orang dengan rincian, apoteker ahli pertama sembilan orang, dokter gigi ahli pertama tiga orang, dokter ahli pertama tujuh orang, penyuluhan kesehatan masyarakat ahli pertama 17 orang, perawat gigi terampil satu orang, pranata laboratorium ahli pertama enam orang.

    Untuk formasi umum tenaga teknis berjumlah 56 dengan rincian diantaranya , analis hukum tiga orang, analis jabatan dua orang, analis jalan jembatan satu orang, analis kerjasama dan permodalan dua orang, analis keuangan, analis infrastruktur, analis mutu produk, analis pembangunan, analis penelitian dan pengembangan masing-masing satu orang. (an/tm)

    The post 158 CPNS Ambon Terima SK Pengangkatan appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    Pemkab SBT Dapat Tambahan Kuota Haji


    Ambon, Tribun-Maluku.com : Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku mendapatkan penambahan kuota haji pada tahun 2019 sebesar 17 persen sehingga meningkat menjadi 117 orang dari tahun sebelumnya 100 orang. “Jadi tahun ini ada penambahan...

    Ambon, Tribun-Maluku.com : Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku mendapatkan penambahan kuota haji pada tahun 2019 sebesar 17 persen sehingga meningkat menjadi 117 orang dari tahun sebelumnya 100 orang.

    “Jadi tahun ini ada penambahan kuota jamaah calon haji (JCH) sebesar 17 orang yang akan berangkat pada musim Haji tahun 2019,” Kabag Kesra Setda SBT, Sagaf Kelerey yang dikonfirmasi dari Ambon, Senin (27/5/2019).

    Menurutnya, berdasarkan SK Gubernur Maluku Nomor 72 tahun 2019 tentang kuota haji tambahan Provinsi Maluku, kabupaten SBT hanya mendapatkan penambahan 11 JCH saja.

    “Tetapi berdasarkan koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) kami juga mendapatkan tambahan enam kuota JCH lanjut usia (lansia), sehingga total 17 kuota,” katanya.

    Dia menyambut gembira tambahan kuota tersebut karena dampaknya menekan jumlah daftar tunggu JCH asal kabupaten bertajuk “Ita Wotu Nusa” tersebut.

    JCH asal Kabupaten SBT yang telah mendaftar dan termasuk dalam daftar tunggu sebanyak 822 orang hingga tahun 2027.

    Dia menambahkan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan data administrasi para JCH yang akan diberangkatkan, termasuk pemeriksaan kesehatan mereka.

    “Sejauh ini kendala yang dihadapi hanya menyangkut sarana transportasi yang dibutuhkan untuk pengangkutan JCH dari Bula ke Kota Ambon, sehingga sedang dikoordinasikan dengan pemkab SBT untuk penambahan armada,” katanya.

    Para JCH asal SBT akan diberangkatkan ke kota Ambon menggunakan pesawat terbang dari Bandara Kuffar, tetapi saat ini rute penerbangan komersial hanya tiga kali seminggu dan sekali saja dalam sehari.

    “Karena itu pemkab sedang berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk menambah jadwal saat keberangkatan rombongan JCH dari SBT,” tambahnya.

    Sebelumnya Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Maluku, Yamin mengatakan, Maluku mendapatkan tambahan kuota haji tahun 2019 sebanyak 182 orang berdasarkan Keputusan Menteri Agama No.176 Tahun 2019 tentang penetapan kuota haji tambahan tahun 1440H/2019 menjadi 1.0272 orang dari sebelumnya 1.090 orang, termasuk delapan angota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

    Kuota tambahan tersebut kemudian dibagikan untuk 11 kabupaten/kota di Maluku berdasarkan SK Gubernur Maluku No.72 tahun 2019, di mana kabupaten Maluku Tengah memperoleh porsi perbanyak yakni 48 orang dari sebelumnya 135 orang, diikuti Kota Ambon sebanyak 30 jemaah dari sebelumnya hanya 368.

    Maluku Tenggara (Malra), Seram Bagian Barat (SBB) dan SBT masing-masing mendapat tambahan 11 orang. Kuota Malra sebelumnya hanya 70 orang, sedangkan SBB dan SBT masing-masing 100 orang.

    Kabupaten Pulau Buru mendapat tambahan 18 orang dari sebelumnya 100 orang, Kota Tual 25 orang dari sebelumnya 105 orang, Buru Selatan (Bursel) empat orang dari sebelumnya 45 orang serta kabupaten Kepulauan Aru mendapat tambahan 22 orang dari sebelumnya 45 orang.

    Sedangkan Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) masing-masing mendapat tambahan satu kuota dari kuota sebelumnya yakni empat orang di MBD dan 10 orang di KKT. (an/tm)

    The post Pemkab SBT Dapat Tambahan Kuota Haji appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    Disperindag Maluku Gelar Pasar Murah Secara “Mobile”


    Ambon, Tribun-Maluku.Com : Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, Senin (27/5/2019), menggelar pasar murah dalam rangka menghadapi Idul Fitri, di halaman parkir kantornya di kawasan Pusat Kota Ambon, dan secara mobile di...

    Ambon, Tribun-Maluku.Com : Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, Senin (27/5/2019), menggelar pasar murah dalam rangka menghadapi Idul Fitri, di halaman parkir kantornya di kawasan Pusat Kota Ambon, dan secara mobile di beberapa lokasi yang dinilai strategis.

    Beberapa lokasi itu yakni Desa Laha, Air besar, Batu merah, dan Kelurahan Nusaniwe di kawasan pohon mangga pada 27-28 Mei 2019, sedangkan pada 29-30 Mei di Kecamatan Salahutu dan Kecamatan Leitimur, Kabupaten Maluku Tengah.

    Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutan yang dibacakan Sekda Maluku Hamin Bin Taher mengharapkan kegiatan pasar murah itu dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

    Gubernur juga berharap kepada semua pihak terutama para distributor, para pedagang pengecer dan yang lainnya agar tidak melakukan kegiatan spekulasi sehingga dapat menyebabkan lonjakan harga yang tidak wajar yang pada akhirnya dapat merugikan masyarakat.

    Gubernur juga mengakui beberapa minggu terakhir ini terjadi kenaikan harga terhadap beberapa produk kebutuhan masyarakat seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, telur ayam ras, namun untuk sekarang ini komoditi bawang merah maupun bawang putih sudah turun harganya.

    Dia meminta perhatian dari Disperindag dan dinas terkait agar dapat melakukan langkah-langkah koordinasi secara inklusif untuk mengatasi permasalahan harga tersebut.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Elvis Pattiselano mengatakan, pelaksanaan pasar murah ini bertujuan membantu masyarakat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

    “Kegiatan pasar murah yang berlangsung hari ini hingga tanggal 30 Mei nanti berfokus pada kegiatan secara mobile dan berlangsung dua kali yakni Senin ini dan Selasa, kemudian tanggal 29-30 Mei,” ujarnya.

    Barang yang dijual pada kegiatan pasar murah ini adalah barang kebutuhan pokok yang meliputi telur ayam, gula pasir, tepung terigu minyak goreng, susu kental manis, mie instan, mentega, beras dan beberapa kebutuhan lainnya yang dijual dengan harga di bawah harga distributor maupun harga eceran di pasar. (an/tm)

    The post Disperindag Maluku Gelar Pasar Murah Secara “Mobile” appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    Pemprov Maluku Dapat Opini WDP


    Ambon, Tribun-Maluku.com : Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas laporan hasil pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Maluku tahun anggaran...

    Ambon, Tribun-Maluku.com : Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas laporan hasil pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Maluku tahun anggaran 2018.

    “LHP atas LKPD Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2018 dilakukan sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) yang ditetapkan oleh BPK,” kata Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku, Edward Ganda Hasiholan Simanjuntak di Ambon, Senin (27/5/2019).

    Penjelasan Simanjuntak disampaikan dalam rapat paripurna istimewa dalam rangka penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2018 kepada DPRD dan Pemprov dipimpin Edwin Adrian Huwae.

    Menurut dia, standar tersebut mengharuskan pemeriksa untuk melaksanakan perencanaan, pemeriksaan, dan pelaporan secara independen, obyektif, dan profesional untuk menilai kredibilitas dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dalam tanggung jawab keuangan negara.

    Sesuai ketentuan pasal 23 E ayat (2) UUD 1945, UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara pasal 17 ayat (2) dan (3), UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK Pasal 7 ayat (1) dan Pasal 8 ayat (1), BPK Perwakilan Provinsi Maluku melaksanakan kewajiban konstitusional menyerahkan LHP atas LKPD provinsi tahun anggaran 2018 kepada DPRD dan Pemprov.

    “Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 dan UU Nomor 15 Tahun 2006, BPK RI telah melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan pemprov,” ujarnya.

    Pemeriksaan tersebut ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan pemprov tahun 2018 yang sudah menerapkan laporan keuangan berbasis aktual sehingga terdapat tujuh komponen laporan keuangan.

    Tujuh komponen itu mencakup laporan realisasi APBD, laporan perubahan saldo anggaran, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan.

    Sebelumnya untuk tiga tahun terakhir, yakni pada tahun 2015, 2016 dan 2017 Pemprov Maluku meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian, namun di tahun 2018 mengalami kemunduran yaitu turun ke opini WDP.

    Wagub Maluku Barnbas Orno mengatakan, audit BPK terhadap laporan keuangan pemprov telah melalui beberapa tahapan seperti manajemen aset yang dilaksanakan pada akhir tahun 2018, dan audit interim sejak awal tahun ini.

    Termasuk juga pemeriksaan substantif yang dimulai pada April 2019 sehingga pemprov menyampaikan terimakasih atas segala masukan, koreksi, dan berbagai langkah perbaikan selama pemeriksaan berlangsung.

    “Saya percaya, ke depannya kita akan lebih baik lagi dengan mempertajam setiap alokasi anggaran agar berjalan seefektif mungkin dan tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat biaya,” jelas wagub.

    Sehingga kedepannya perekonomian daerah lebih tinggi, lapangan pekerjaan terbangun lebih terbuka luas. (an/tm)

    The post Pemprov Maluku Dapat Opini WDP appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    Pertamina Jamin Stok BBM Di Maluku Aman


    Ambon, Tribun-Maluku.com : PT Pertamina (persero) menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di provinsi Maluku menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Branch Manager PT Pertamina Maluku Donny Brilianto, Minggu (26/5/2019) menyatakan, stok...

    Ambon, Tribun-Maluku.com : PT Pertamina (persero) menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di provinsi Maluku menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

    Branch Manager PT Pertamina Maluku Donny Brilianto, Minggu (26/5/2019) menyatakan, stok BBM untuk produk gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax) produk gasoil (Solar dan Dexlite) serta minyak tanah, serta avtur cukup untuk satu bulan.

    “Demikian juga untuk produk elpiji cukup untuk satu bulan ke depan, sehingga kita pastikan stok di Pertamina dalam kondisi aman jelang hari raya Idul Fitri,” katanya di Ambon.

    Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan dengan menyiagakan satgas yang bertugas sejak 20 Mei- 21 Juni 2019.

    Satgas tersebut akan dibagi petugas yang bergantian melakukan monitoring administrasi maupun lapangan, terkait kekuatan dan ketahanan stok di depot maupun lembaga penyalur.

    “Upaya ini dilakukan untuk memastikan stok BBM, elpiji dan minyak tanah dari hulu di depot hingga di masyarakat dalam kondisi yang aman dan bisa diperolah masyarakat tanpa ada kendala,” ujarnya.

    Selain itu kata Donny juga akan dilakukan “built up” ” stok secara berjenjang dari depot “supplay point”, lembaga penyalur terutama untuk minyak tanah sampai di agen dan pangkalan.

    Pihaknya berupaya agar ketika masyarakat membutuhkan energi baik BBM, elpiji dan minyak tanah di hari libur menjelang dan usai hari raya, dengan mudah diakses melalui jalur distribusi.

    “Kami juga melakukan upaya monitoring di lapangan, jika kita memperoleh informasi potensi kelangkaan atau kesulitan masyarakat mendapatkan energi, maka kami bekerjasama dengan mitra kami hiswana migas untuk melakukan monitoring lapangan sampai ke titik jalur distribusi yang dikeluhkan masyarakat,” kata Donny.

    Ia menambahkan, Pertamina juga siap untuk menyalurkan BBM ke pulau-pulau terluar di Maluku, karena itu dibutuhkan dukungan dari stakeholder terutama operator pelayaran yang akan bawa masyarakat mudik, dinas perhubungan dan syahbandar. (an/tm)

    The post Pertamina Jamin Stok BBM Di Maluku Aman appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    DPRD Maluku Usulkan Sejumlah Ruas Jalan SBT Jadi Jalan Nasional


    Ambon, Tribun-Maluku.com : Komisi C DPRD Maluku mengusulkan sejumlah ruas jalan di tiga kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) agar statusnya bisa ditingkatkan menjadi jalan nasional. “Ruas jalan yang diusulkan ada di Kecamatan Tutuktou, Kian...

    Ambon, Tribun-Maluku.com : Komisi C DPRD Maluku mengusulkan sejumlah ruas jalan di tiga kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) agar statusnya bisa ditingkatkan menjadi jalan nasional.

    “Ruas jalan yang diusulkan ada di Kecamatan Tutuktou, Kian Darat, serta Kecamatan Teluk Waru,” kata anggota komisi C DPRD Maluku, Ridwan Elys di Ambon, Minggu (26/5/2019).

    Saat ini kondisi jalan raya di tiga kecamatan ini sangat memprihatinkan karena mengalami kerusakan cukup parah sehingga jalur transportasi darat selalu dikeluhkan masyarakat setempat.

    Menurut dia, pemerintah kabupaten selama ini juga terkesan menutup mata dengan kondisi jalan yang rusak dan tidak ada program perbaikan ruas jalan di tiga kecamatan itu, sehingga warga setempat meminta agar status jalan-jalan itu bisa ditingkatkan menjadi jalan nasional agar bisa diperhatikan oleh pemerintah pusat.

    Dia mengatakan kasus suap Damayanti sebagai penyebab pekerjaan jalan-jalan ini terpaksa dihentikan hingga saat ini, padahal sejak tahun 2015 silam jalan ini pernah dikerjakan Balai Pelaksanaan Jalan dan Jembatan wilayah Maluku-Malut namun tidak sampai rampung.

    Anggota DPRD Maluku asal dapil SBT ini mengakui kalau komisi C telah mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR karena ruas jalan tersebut masuk dalam jalan Trans Seram yang langsung menuju ke bandara dan pelabuhan.

    “Komisi C DPRD Provinsi Maluku sudah mengusulkan status jalan ini agar jadi jalan nasional, namun penjelasan Dinas PUPR nanti setelah semua jalan nasional ditetapkan baru dimasukan,” ujar Ridwan.

    Dia berharap, usulan yang disampaikan ini bisa secepatnya direalisasikan oleh pemerintah pusat, sebab kondisi ruas jalan Trans Seram masih sangat memprihatinkan.

    “Masyarakat di Kabupaten SBT sangat membutuhkan akses jalan ke tiga kecamatan itu agar bisa beraktivitas dengan baik dan perekonomian di daerah itu bisa ditingkatkan,” tandasnya. (an/tm

    The post DPRD Maluku Usulkan Sejumlah Ruas Jalan SBT Jadi Jalan Nasional appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    Cuaca Maluku Dipengaruhi Pola Angin Di Wilayah Utara Indonesia


    Ambon, Tribun-Maluku.com : Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon menyatakan, kondisi cuaca di Maluku pada beberapa hari ke depan dipengaruhi adanya pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dari selatan – barat dengan kecepatan 3 – 15 knot,...

    Ambon, Tribun-Maluku.com : Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon menyatakan, kondisi cuaca di Maluku pada beberapa hari ke depan dipengaruhi adanya pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dari selatan – barat dengan kecepatan 3 – 15 knot, sedangkan di wilayah selatan Indonesia umumnya dari timur -selatan dengan kecepatan 3 – 25 knot.

    Kepala Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Ot Oral Sem Wilar, saat dikonfirmasi, Minggu (26/5/2019), di Ambon, mengatakan, kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia Selatan Banten, perairan timur Kepulauan Wakatobi, perairan Kepulauan Letti hingga Tanimbar dan Laut Arafuru.

    “Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut,” ujarnya.

    Ot mengemukakan, potensi hujan lebat disertai petir berpeluang terjadi di Laut Banda, di mana adanya awan gelap (Cumulonimbus) di lokasi tersebut dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

    “Gelombang mencapai 2,50 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Pulau Buru, Laut Banda, perairan selatan Kepulauan Kei – Kepulauan Aru, perairan Kepulauan Sermata hingga Tanimbar dan Laut Arafuru,” katanya.

    Karena itu, para nelayan telah diimbau mewaspadai gelombang tinggi tersebut dan hendaknya jangan memaksakan diri melaut dengan mengandalkan armada tradisional.

    Armada tradisional tidak kuat menahan kondisi cuaca tersebut, apalagi sewaktu-waktu terjadi perubahan kecepatan angin sehingga mempengaruhi tinggi gelombang.

    Ot mengemukakan, imbauan kondisi cuaca juga disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sembilan kabupaten dan dua kota, termasuk para bupati maupun Wali kota.

    Bila terjadi kondisi cuaca ekstrem, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

    “Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan,” tandas Ot. (an/tm)

    The post Cuaca Maluku Dipengaruhi Pola Angin Di Wilayah Utara Indonesia appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    Manajemen RSUD Dr Haulussy Ambon Akan Dievaluasi


    Ambon, Tribun-Maluku.com : Gubernur Maluku, Murad Ismael, menyatakan, akan mengevaluasi manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M. Haulussy Ambon sebagai bagian dari keseriusannya untuk menangani sektor kesehatan yang dinilai selama ini kurang...

    Ambon, Tribun-Maluku.com : Gubernur Maluku, Murad Ismael, menyatakan, akan mengevaluasi manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M. Haulussy Ambon sebagai bagian dari keseriusannya untuk menangani sektor kesehatan yang dinilai selama ini kurang memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

    “Saya serius, RSUD Haulussy harus dievaluasi. Kasih kepercayaan buat saya, bahkan bila perlu semuanya diganti,” katanya, di Ambon, Sabtu (25/5/2019).

    Pernyataan Gubernur yang dilantik bersama Wagub, Barnabas Orno oleh Presiden Jokowi di Jakarta 24 April 2019 itu sehubungan dengan berbagai masalah yang melilit RSUD Haulussy dengan terakhir pemutusan kerja sama program layanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dihentikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon sejak 1 Mei 2019.

    Gubernur menegaskan, serius soal masalah kesehatan, termasuk RSUD Haulussy yang saat di Jakarta menyempatkan diri meninjau rumah sakit Siloam milik James Riyadi agar mengetahui pengelolaan fasilitas kesehatan secara profesional.

    “Saya menyaksikan pengelolaan rumah sakit Siloam, baik sarana dan prasarana maupun tenaga medis dan paramedis dikelola secara profesional sehingga meminta kepedulian sosial dari James Riyadi untuk membantu RSUD Haulussy,” ujarnya.

    Karena itu, James Riyadi telah menyatakan kesediaan untuk membantu peralatan cuci darah di RSUD Hauluessy.

    “Penderita yang cuci darah yang masuk RSUD Haulussy masih sehat, tetapi setelah keluar bisa mati karena peralatannya tidak lagi layak,” kata Gubernur.

    Dia mengakui, RSUD Haulussy saat ini masih minim fasilitas, baik itu ruang kamar, emergensi, alat cuci darah, dan lainnya.

    “Saya memastikan akan segera mengevaluasi manajemen RSUD Haulussy dan bila perlu diganti semua,” kata Gubernur.

    Disinggung klaim BPJS Kesehatan, dia menjelaskan, Pemprov Maluku siap membantu agar masyarakat yang berobat di RSUD Haulussy bisa terlayani klaim KIS-JKN.

    “Saya telah dilaporkan Wagub Barnabas yang telah meninjau dan rapat dengan manajemen RSUD Haulussy sehingga diarahkan harus menangani klaim KIS-JKN agar masyarakat tidak ditolak pelayanannya,” kata Gubernur.

    Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) provinsi Maluku, Lutfy Rumbia, membenarkan, anggaran yang dialokasikan untuk klaim JKN-KIS berkisar Rp4 miliar hingga Rp8 miliar yang dihentikan sejak 1 Mei 2019 karena belum terakreditasi.

    “Dana tersebut dialokasikan dalam anggaran mendesak Pemprov Maluku tahun anggaran 2019 sehingga layanan KIS-JKN harus tetap diberikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya,” ujarnya.

    Lutfy mengatakan, langkah Pemprov Maluku ini sebagai tanggung jawab sosial terhadap warganya, menyusul Wagub, Barnabas Orno dan Sekda, Hamin Bin Thahir melakukan pertemuan dengan jajaran RSUD dr.Haulussy, selanjutnya mengkoordinasikannya dengan Gubernur, Murad Ismail yang mengarahkan para penderita harus tetap mendapatkan pelayanan kesehatan.

    “Jadi layanan KIS-JKN harus tetap diberikan kepada para penderita yang berobat ke RSUD Haulussy,” katanya.(an/tm)

    The post Manajemen RSUD Dr Haulussy Ambon Akan Dievaluasi appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    Terima WTP, Wali Kota Tual : Ini Merupakan Hasil Kerja Semua Pihak


    Tual, Tribun Maluku.com : Walikota Tual Adam Rahayaan mengakui impian untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK sudah lama dinantikan dan merupakan hasil kerja keras semua pihak. “Terwujudnya impian untuk mendapatkan predikat WTP dari...

    Tual, Tribun Maluku.com : Walikota Tual Adam Rahayaan mengakui impian untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK sudah lama dinantikan dan merupakan hasil kerja keras semua pihak.

    “Terwujudnya impian untuk mendapatkan predikat WTP dari BPK merupakan kerja sama dan kerja keras kita bersama, Ini satu kesuksesan yang sudah lama kita rindukan,” kata Adam Rahayaan saat memberikan arahan kepada Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Kantor Walikota Tual,Sabtu.(25/5/2019).

    Penilaian WTP kepada Pemerintah Kota Tual atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tual Tahun Anggaran 2018, menurut Adam, Idealnya hanya satu yakni daerah itu harus melaksanakan pengelolaan keuangan dengan baik.

    Lebih lanjut kata dia, penilaian opini WTP sebagai tolak ukur bagi Pemerintah Kota Tual. Karena memang ada banyak catatan, arahan dan bimbingan akhirnya impian yang telah lama dinantikan bisa terwujud.

    “Kedepan kita tetap berusaha untuk mengurangi catatan itu, meskipun berat tetapi jauh lebih berat bagaimana kita mempertahankan predikat WTP ini,” tuturnya.

    Dengan catatan-catatan yang ada, tambah Wali Kota, akan menjadi panduan bagi daerah, untuk berusaha mempertahankan predikat WTP.

    Wali Kota Tual Adam Rahayaan meminta kepada semua jajaran perangkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar meningkatkan kinerja kerja dalam pertanggungjawaban anggaran dengan baik dan lebih meningkatkan kerja agar mempertahankan penilaian opini WTP dari BPK tersebut.

    “Saya minta perangkat daerah agar tingkatkan kerja agar mempertahankan penilaian WTP dari BPK ini,”pungkasnya.

    The post Terima WTP, Wali Kota Tual : Ini Merupakan Hasil Kerja Semua Pihak appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.

    Willy : NasDem Pemenang Pemilu Legislatif 2019


    Jakarta, Tribun-Malukku.com : Meski bukan peraih suara terbanyak, sesungguhnya Partai NasDem merupakan pemenang Pemilu Legislatif 17 April 2019. Alasannya, Partai NasDem mencatat kenaikan perolehan suara dan kursi DPR RI tertinggi pada Pileg ini. Hal ini...

    Jakarta, Tribun-Malukku.com : Meski bukan peraih suara terbanyak, sesungguhnya Partai NasDem merupakan pemenang Pemilu Legislatif 17 April 2019. Alasannya, Partai NasDem mencatat kenaikan perolehan suara dan kursi DPR RI tertinggi pada Pileg ini.

    Hal ini dikatakan Ketua DPP Partai NasDem Bidang Media dan Komunikasi Publik, Willy Aditya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (25/5), menanggapi penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas hasil Pemilu serentak 2019.

    Dari sembilan partai politik yang dinyatakan lolos parliamentary threshold 4 persen, Partai NasDem mencatat kenaikan suara tertinggi menjadi 9,0 persen dari sebelumnya pada Pileg 2014 mencatat perolehan suara sebesar 6,72 persen. Berarti ada kenaikan 2,33%.

    ‘’Ini merupakan kenaikan terbesar dibanding perolehan suara delapan parpol lain yang lolos parliamentary threshold,’’ kata Willy.

    PDIP dan Partai Gerindra yang semula diprediksi akan mencatat kenaikan suara signifikan akibat adanya efek ekor jas (coattail effect) dari pencalonan Joko Widodo dan Prabowo Subianto, tidak menjadi kenyataan.

    PDIP mencatat kenaikan 0,38 persen menjadi 19,33 persen pada Pileg 2019 dibandingkan dengan hasil Pileg 2014 sebesar 18,95 persen. Sedangkan Gerindra mencatat kenaikan sebesar 0,76 persen pada Pileg 2019 menjadi 12,57 persen dibanding hasil Pileg 2014 sebesar 11,81 persen.

    Pada konversi perolehan suara menjadi kursi DPR RI, kata Willy, Partai NasDem mencatat penambahan kursi DPR RI terbanyak sebesar 23 kursi sehingga menjadi 59 kursi, dibanding hasil Pileg 2014 yang menempatkan 36 kader NasDem di DPR RI.

    Sedangkan PDIP sebagai pengoleksi suara dan kursi terbanyak hasil Pileg 2019, mencatat penambahan sebanyak 19 kursi menjadi 128 kursi pada Pileg 2019 dari sebelumnya 109 pada Pileg 2014.

    Sementara Gerindra mencatat penambahan kursi DPR RI sebanyak 5 kursi dari 73 kursi DPR RI hasil Pileg 2014 menjadi 78 kursi hasil Pileg 2019. Sebaliknya Golkar mencatat penurunan enam kursi DPR RI dari 91 kursi pada 2014 menjadi 85 kursi pada Pileg 2019.

    ‘’Walau semua ini masih sementara, tetapi kira-kira komposisi parlemen hasil Pemilu 2019 seperti itu,’’ tambah Willy yang juga lolos ke Senayan hasil Pileg 2019 itu.

    Ditanya mengenai isu apa saja yang diduga sebagai penggenjot kenaikan suara signifikan bagi NasDem, Willy mencatat sejumlah hal yaitu pertama soal NasDem tanpa mahar politik.

    Sikap politik NasDem tersebut bukan retorika tetapi merupakan kenyataan dan fakta di lapangan sehingga masyarakat merasakan dan mengalami secara langsung.

    ‘’Pengalaman langsung itu tentu menimbulkan kepercayaan. NasDem berterima kasih atas kepercayaan itu dan menjaga serta merawat kepercayaan tersebut,’’ kata Willy.

    Hal lain adalah, pemilihan dan penempatan caleg yang benar-benar memilliki kapasitas serta dekat dengan masyarakat. Kedekatan caleg dengan konstituen tentu menimbulkan kepercayaan terhadap para caleg NasDem tersebut dan kemudian menjatuhkan pilihan kepada para caleg NasDem itu.

    ‘’Ketiga, adalah totalitas Ketua Umum NasDem pak Surya Paloh dan segenap caleg serta kader NasDem dalam mengkampanyekan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai pasangan capres-cawapres yang diusung NasDem,’’ kata Willy.

    Willy mengatakan, publik tentu masih ingat apa yang disampaikan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di berbagai tempat selama masa kampanye bahwa kemenangan NasDem penting, tetapi kemenangan itu tidak ada artinya jika Presidennya bukan Jokowi.

    Bagi Willy, itu merupakan sikap totalitas Ketua Umum NasDem dalam memperjuangkan Jokowi menjadi Presiden periode kedua. Dan NasDem bersyukur bahwa Jokowi-Ma’ruf Amin terpilih kembali sebagaimana keputusan KPU.

    ‘’Apa yang diharapkan Ketua Umum Surya Paloh menjadi kenyataan yakni NasDem menang dan Jokowi terpilih lagi,’’ kata Willy lagi sambil menambahkan bahwa memang target NasDem meraih 100 kursi DPR RI pada Pemiu 2019 belum tercapai.

    The post Willy : NasDem Pemenang Pemilu Legislatif 2019 appeared first on Tribun Maluku | Berita Maluku Terkini.